Penyebab umum mesin susah dihidupkan

Penyebab umum mesin susah dihidupkan

Postby threeare » 08 Jun 2013, 06:27

kadang mobil kesayangan kita tidak mau dihidupkan. Nah hal ini tentunya membuat kita bingung. Berikut merupakan beberapa faktor penyebib mesin susah dihidupkan :

Mesin susah dihidupkan dikala masih dingin:


Accu kosong/tegangan kurang
Terminal Accu kendor / korosi
Busi rusak, setelah gap tidak tepat
Masalah Pada Choke
Masalah PadaSistem Injeksi (fuel injection)
Pengapian bermasalah
Kompresi silinder rendah
Fuel Pressure Regulator bermasalah

Mesin susah dinyalakan dikala mesin panas:


Filter udara kotor/tersumbat
Masalah Pada Choke
Masalah Pada sistem injeksi (fuel injection)
Kompresi silinder rendah.

Motor starter berisik dikala distarter:


Gigi pinion starter/ flywheel patah.
Baut dudukan motor starter lepas atau hilang.
Komponen di dalam motor starter rusak/aus.

Mesin tersendat/tertahan ketika akselerasi


Busi rusak/setelah gap tidak tepat
Kebocoran Vacuum di karburator, throttle body, intake manifold atau selang-selang vacuum lainnya.
Karburator bermasalah
Sistem injeksi (fuel injection) bermasalah

Mesin stall:

Kebocoran Vacuum di karburator, throttle body, intake manifold atau selang-selang vacuum lainnya.
Filter bensin mampet
Masalah Pada Fuel Pump, supply dan tekanan bensin rendah
Ventilasi tangki bensin tersumbat atau pipa/saluran bensin tersumbat/terjepit
Masalah Pada Karburator
Masalah Pada Sistem Injeksi (fuel injection)

Mesin kehilangan tenaga:

Masalah Pada timing belt yang tidak tepat
Filter bensin tersumbat
Masalah Pada Fuel Pump, supply dan tekanan bensin rendah
Salah satu atau beberapa silinder kompresinya rendah
Busi rusak/ gap busi tidak tepat
Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya.
Masalah Pada Karburator
Masalah Pada Sistem Injeksi (fuel injection)
Rem mengunci
Kopling slip (habis)

Mesin Backfire (nembak-nembak):


Pemasangan Timing Belt tidak tepat
Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya.
Masalah Pada Karburator
Masalah Pada Sistem Injeksi (fuel injection).
Sistem Pengapian bermasalah (kabel busi terbalik urutannya)

Mesin bisa hidup, Lalu kemudian mati lagi:


Masalah Pada pelistrikan pada rangkaian pengapian.
Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya.
Masalah Pada Karburator
Masalah Pada Sistem Injeksi (fuel injection)

Idle/Langsam tidak rata:

Penyetelan idle speed yang tidak tepat.
Filter udara kotor
Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya.
Busi rusak/ gap busi tidak tepat
Salah satu atau beberapa silinder kompresinya rendah
Lobes pada CamShaft sudah ada yang rusak
Pemasangan Timing Belt tidak tepat
Karburator bermasalah
Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah.

Mesin mengalami misfire saat idle/langsam:


Busi rusak/ gap busi tidak tepat
Masalah Pada Kabel busi
Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya.
Masalah Pada Karburator
Masalah Pada Sistem Injeksi (fuel injection).
Distributor Cap retak atau aus
Salah satu atau beberapa silinder kompresinya rendah
Kabel ground tidak baik/terputus
Kebocoran selang ventilasi mesin (crankcase ventilation hose)

Mesin mengalami misfire sepanjang perjalanan:


Filter bensin mampet/kotor
Masalah Pada Fuel Pump, supply dan tekanan bensin rendah
Ventilasi tangki bensin tersumbat atau pipa/saluran bensin tersumbat/terjepit
Busi rusak/ gap busi tidak tepat
Distributor Cap retak atau aus
Masalah Pada Kabel busi
Salah satu atau beberapa silinder kompresinya rendah
Masalah Pada Ignition Coil
Masalah Pada Karburator
Masalah Pada Sistem Injeksi (fuel injection)

Mesin tetap hidup sekalipun kunci kontak sudah dimatikan:


Terlalu banyak tumpukan karbon pada ruang bakar (silinder)
Mesin terlalu lama dijalankan pada suhu yang tinggi.
Masalah Pada Solenoid Karburator
Masalah Pada Kunci kontak

Mesin ngelitik saat akselerasi / menanjak:


Timing pengapian tidak tepat
Masalah pada sistem pengapian
Busi rusak/ gap busi tidak tepat
Salah pakai jenis bensin (oktan terlalu rendah)
Terlalu banyak tumpukan karbon pada ruang bakar (silinder)
Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya.
Masalah Pada Karburator
Masalah Pada Sistem Injeksi (fuel injection)

Nahh udah pada tau kan ...jadi kalo susah hidup tuh mesin mobil dicari aja pencetusnya...kalo bisa / tau mesin bisa cek sendiri atau lebih aman bawa ke bengkel terdekat. :)

Salam Imec (029)
-----
Threeare (IMEC 029)
User avatar
threeare
 
Posts: 18
Joined: 02 Jun 2013, 06:03
Location: Cikupa Tangerang
My Mirage: Exceed AT

Re: Penyebab umum mesin susah dihidupkan

Postby agungaja212 » 11 Jun 2013, 11:32

nais inpoh om :goodjob:
agungaja212
 
Posts: 77
Joined: 31 May 2013, 11:22
Location: pondok gede - bekasi